Sabtu, 23 Januari 2016

Dosa Kecil Cukup Mendatangkan Siksa Kubur.

Assalamualaikum kawan, alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan posting kajian dari Ustadz DR Khalid Basalamah, MA. mengenai Dosa Kecil Cukup Mendatangkan Siksa Kubur.
"Sekecil apapun dosa itu cukup untuk mendatangkan siksa kubur, walaupun belum tentu dia masuk kedalam api neraka"

Kisah masyur yang berhubungan dengan ini adalah kisah Khalifah Utsman bin Affan RA yang pernah menziarahi kuburan, lalu beliau terisak-isak menangis seperti anak kecil, lalu teman-teman beliau berkata " Wahai amirul mukminin, kenapa anda menangis melihat kuburan padahal Nabi SAW menjamin kepada Anda surga".
Dengan bijak Utsman bin Affan menjawab "Rasulullah SAW menjamin buat saya surga, tapi tidak menjamin saya selamat dari siksa kubur".
 
Maka pemahaman yang dikeluarkan oleh para ulama tentang dosa sekecil apapun udah cukup untuk membuat adanya siksa kubur, itu karena pernyataan Utsman bin Affan yang menyebutkan statement tadi.
"Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim janganlah menunda-nunda untuk minta maaf kepada orang lain, mengembalikan haknya orang lain dan jangan pernah menganggap remeh dosa2 lain"
Jangan anggap remeh dosa-dosa kecil
Misalnya masalah tidak cebok saat kencing, masalah kecil inilah yang banyak orang menganggap remeh sehingga merupakan salah satu azab kubur. 

Para ulama-ulama di Iraq sering ngumpul membicarakan hal yang menurut orang awam dianggap biasa. tetapi memiliki bobot yang besar. 
Nabi SAW Bersabda "Barang siapa bertawadu kepada Allah, merendah karena Allah. Maka Allah akan mengangkat derajatnya" HR imam Ahmad dan Abu Daud. 
Mengenai sabda rasul diatas semua ulama pada saat itu mendefinisikan pendapatnya masing-masing sampai pada giliran Hasan Basri. 

Maka Hasan Basri menjawab "Jangan kau lihat siapapun musuh muslim didepan matamu, kecuali kau sudah langsung menanamkan pada dirimu kalau dia lebih baik daripada kamu"
Mau apapun orang yang kita lihat anggpalah dia lebih baik dari dirikita, sehingga tidak akan ada celah untuk menganggap dirikita lebih baik.
Hadis sohih mengatakan: "siapa dalam hatinya terdapat kesombongan seperti biji sawi, maka tidak akan mencium bau surga"
Imam Bukhori pernah berhenti berburu hanya karena melihat anak panahnya meleset dan mengenai pagar tetangganya, lalu dia memanggil pembantunya dan mengatakan "Sampaikan kepada teman-teman bahwa saya tidak jadi memanah dan saya tidak jadi berburu dan sampaikan kepada tetangga kalau Bukhori minta maaf." Dalam pelajaran ini dapat kita ambil pelajaran yaitu Segeralah untuk meminta maaf.

Oleh karena itu kita harus berhati-hati sekecil apapun dosa jangan pernah kita anggap remeh dan jangan pernah kita siapkan musuh pada hari kiamat. Azab kubur datang kepada siapapun karena punya dosa, dan dosa tersebut ada hubungannya dengan Allah SWT dan ada hubungannya dengan makhluk.

Kalau dosa yang kita perbuat berhubungan dengan Allah, kita bertaubat kepada Allah. Allah maha pemurah Dia akan menerima taubat hambanya asal kita ikhlas. Tetapi kalau berhubungan dengan makhluk selain kita harus bertaubat kepada Allah kita juga harus meminta maaf kepada orangnya.

Referensi 
Ustadz DR Khalid Basalamah, MA. - Dosa Kecil Cukup Mendatangkan Siksa Kubur. 


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com